tentAng kaMi..

Foto saya
Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
BACKPACKER - That's We Are. EKSPLORASI untuk MENULIS, menulis untuk dijadikan KENANGAN, kenangan berkembang menjadi SEJARAH. Hobi jalan-jalan dan ekplorasi menuju beberapa serpihan surga di daerah Lombok tercinta. Ryan itu anak cowo paling lawas dari 3 bersaudara..sementara Tya merupakan anak kedua dari 3 bersaudara..There were any stuff we had to go..Enjoy this sites yah..MaturTampiAsihMeton

Rabu, 28 Agustus 2013

MORE THAN JUST TREKKING : RINJANI MOUNTAIN 3726 MDPL ( 140813 -180813 )

My WonderWoman^^
Sobat, pernahkah anda bermimpi ?
atau adakah yang memiliki impian yang masih mengambang dan belum tercapai?
Jangan takut untuk bermimpi sobat, selama bermimpi itu masih gratis. Begitulah beberapa orang berkata..^^
Agar terwujud, kamu hanya butuh keyakinan.

Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kening kamu. Dan… sehabis itu yang kamu perlu..
Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak berbuat dari biasanya, mata yang akan menatap lebih banyak dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas.
Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja….
Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya….
Serta mulut yang akan selalu berdoa….
Taruh mimpi-mimpi kamu, cita-cita kamu, keyakinan kamu, apa yg kamu mau kejar
Kamu taruh di sini jangan menempel di kening.
Biarkan dia menggantung mengambang 5 centimeter di depan kening kamu Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu.
Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari, kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa. ( ost 5 cm)

Awal dari perjalanan spiritual yg membutuhkan kekuatan fisik dan mental yang ga akan terlupakan sepanjang hidup kami.

Hari 1 tgl 14 Agustus 2013
Hari pertama merupakan hari yang indah. Begitulah semua rangkaian perjalanan ini berawal. Dengan jumlah kru 17 orang kami bersama-sama menuju ke Rinjani. Maha Karya Allah SWT yang sejatinya kini menjadi pegunungan tertinggi ke 3 di Negara Kesatuan kami, Indonesia. Keberangkatan kami dari Mataram tepat pkl 10.00 WITA dengan jalur Mataram-Bertais-Aikmel-Wanasaba-Sembalun. Kami sampai Sembalun pada pkl 13.45 WITA. Tak lupa mengistirahatkan badan dulu,,perjalanan yg lumayan menguras tenaga,,tapi Alhamdulillah bisa menyempatkan diri untuk tidur sepanjang jalan,,hehe..Tidak lupa mengabadikan moment dengan beberapa prosesi foto di daerah sembalun. Berikut Foto-fotonya.:)
Istirahat sebentar di Sembalun
Dari Sembalun qt menuju ke Sembalun lawang,,sekitar 15 menit nyampe. Dari sini bisa langsung jalan menuju ke rinjani,,tapii bagi yang sudah berpengalaman ke rinjani,,ada jalan pintas yaitu melalui Bawak Nao. Sekitar 30 menit nyampe dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Setelah makan siang rombongan kami siap berangkat. Bismillah…
Perjalanan dari Bawak Nao menuju pos 1 sekitar 2 jam melewati padang rumput savanna yang begitu menakjubkan. Tampak dari kejauhan puncak rinjanii yang sudah ada dalam genggaman. Dan sudah berada 5 cm tepat d depan mata (terinspirasi dari 5 cm niih,,hehehe)

Perjalanan menuju pos 1,,enjoy the view,,subhanallah...

Ini dia Pos 1-Nya..
Kami sampai sekitar pkl 16.30 WITA.
Dari pos 1,,kami menuju ke pos 2. Masih melewati savana dan kali ini meleati rain forest juga. Perjalanan menuju pos 2 sekitar 2 jam juga. Sesuai dengan planning yang sudah kami rancang, camp pertama kami di pos 2.

POS 2
Yaap,,ini dy pos 2 nya,,ngecamp duluuu yuk,,!!
Bagi sobat yang membawa hape, di sini sinyalnya masih ada kok,,jadi biar orang rumah ga khawatir,,qt kabarin dulu. Itu penting lho yaa,,( biasanya kami begitu ,hehehe). Sumber air di sini ga terlalu bagus,,tapi cukup kok untuk mengisi botol yang kosong stlh melakukan perjalanan tadi. Ga lupa juga bwt masak,,yaaah jadi anak gunung mkan seadax ajaa,,tapii ttep bergizi,,
Malam pertama, kesan pertama. Subhanallah kami bermalam di tengan pegunungan yang luar biasa indahnya dengan suasana malam yang begitu sunyi, dingin yang begitu menusuk. Sebaiknya membawa pakaian yang lebih tebal, agar bisa beristirahat dengan nyenyak.*Tips 1^

Hari ke 2 tgl 15 agustus 2013
Alhamdulillah malam pertama kami bisa istirahat dengan nyaman, kemudian kami packing dan siap berangkat menuju Pelawangan Sembalun yg terlebih dahulu melewati Pos 3. Butuh stamina ekstra,,jadi jangan lupa sarapan yaa. Kami berangkat pada pkl 09.00 WITA. Perjalanan kali ini melalui medan yang lumayan berat,,bukitnya banyak bgt dan kali ini kami berjalan seharian. Balik lagi,,perjalanan menuju rinjani ga boleh d gampangkan,,luruskan niat dan ga boleh ngeluh,,liat bawah ajaa sambil zikir insyaallah ga berasa capeknya (Alhamdulillah telah teruji secara klinis,,hehe) *Tips 2^
POS 3
Setelah berjalan selama 2 jam, Alhamdulillah udah nyampe Pos 3,,lumayan,,keep smile..(^_^)
Perjalanan kami lanjutkan menu Pelawangan Sembalun,,melewati savanna lagi,,bukit lagi dan tambahan hutan cemara,,enjoy the view guys,,ucapkan rasa syukur sedalam-dalamnya karerna ga semua dari kalian bisa menikmati pemandangan seindah ini. Kiri kanan kulihat saja banyak pohon cemara,,hehehe,,banyak edelweiss juga,,dan cuaca udah mulai dingin ajaa niih,,cuaca di gunung emank kece banget pagi,,sore dan malem dinginx nusuk,,kalo siang yaa jelas deh matahari berasa di atas kepala.

Oke,,kami sampai di pelawangan sekitar pkl 18.00 WITA,,total 9 jam berjalan dari pos 2 lumayan membuat betis berbuah,,letih yang teramat sangat tapi keindahan puncak gunung rinjani dan danau segara anak menghilangkan rasa letih itu. Dingin yang sangat menusuk bukan halangan untuk mengabadikan moment ini. Syukur tiada tara kami bisa menikmati pemandangan yang sangat indah ini. Check the picture guys,,itz amazing view,,yeah,,!!
Perjalanan menuju Pelawangan Sembalun

Kabut yang mulai muncul membuat dingin,,bbrrrbrr..:(
Akhirnya sampai juga,,sujud syukur banget bisa sampai dengan selamat,,yeey,,Inilah Puncak Pelawangan. Biasa disebut orang sebagai Negeri di atas awan dikarenakan kita memang sejatinya berada di ats awan. Subhanallah.....

Pelawangan Sembalun bersama team..^^

Mimin tetep eksis..^_^
View Danau Segara Anaknya ketutup kabut,,hikz,,tapii ttep eksis deh walaupun dingin bgt,,huhu

Like this pict,,,look at the top,,woooow,,ituu puncak Rinjaniii,,dan besok qt akan kesana..:)

Hari ke 3 tgl 16 Agustus 2013
Prepare menuju Puncak Rinjani,,disarankan minimal pake 6 lapis jaket,,3 lapis celana,,4 lapis kaos kaki,,1 sarung tangan,,headlamp dan siap berangkat,,kami start pkl 02.00 WITA.*Tips 3^
Suasana Pelawangan malam itu bertabur cahaya headlamp,,maklum saja yang mw muncak banyak bgt,,ga cuman dari Lombok aja,,tapi dari berbagai daerah dan berbagai negeri,,seruu,,tapii dingiiinnya itu luar biasa,,jadi siapkan diri utk menggunakan seperti yang kami lakukan aaah,,apalagi bagi kalian yang ga tahan dingin,,,hati-hati bisa hipotermia (kehilangan panas tubuh,,bxk yg terjadi lo bagi yg mw muncak).

Jalanx bener-bener woooow banget,,full tanjakan terjal,,dan sunrisepun menanti di atas sana,,yeah,,,hard way for a really beautiful panorama,,hehe,,kalo ga kuat ga usah d paksain yaa,,pelan-pelan aja asal selamat,,puncaknya juga ga akan kemana-kemana kok, enjoy the view,,kata-kata ini terulang lagii,,karena entah sudah brpa banyak Allah menunjukkan kekuasaanx,,dan kami menjadi makhluk yang sangat kecil di sini,,Hanya Allah yang berkuasa yang bisa membantu hingga sampai puncak. Segala lantunan zikir dan salawat selalu terucap agar senantiasa d berikan keselamatan karna medan menuju puncak ini bener-bener luar biasa,,kiri kanan tebing yang curam,,dengan banyaknya tumbuh edelweiss yang mempercantik perjalanan kami,,jadi syg kalau d lewatkan begitu saja,,

Banyak sekali yang akan kami share dari pengalaman menuju puncak Rinjani yang ga boleh terlewatkan,,apalagi bagi kalian yang baru pertama kali muncak nih,,yang paling penting dari yang penting selain agar tidak mengalami hipotermia yaitu utk stamina,,jangan pernah muncak dengan hanya membawa diri sja,,tapi bawalah day pack ato tas ransel kecil yang nyaman utk membawa mkanan atau camilan dan minuman,,misalnya cokelat atau madu,,susu dan minuman. Selain itu bawalah alat komunikasi hp dan kamera pastinya,,*Tips 4^

Medan yang d lewati selama perjalanan menuju puncak yaitu bebatuan,,pasir dan kerikil,,jadi bisa di bayangkan bagaimana susahnya tanjakan dengan medan seperti itu. Yaaah jgn di bayangkan dulu deh,,,tpi di jalani,,kalau sudah ada persiapan sbelum menuju rinjani pasti kuat,,caiyyoooo,,

Menjelang sunrise,,dingiiin,,dingiiin,,

So Beutiful Sunrise..^^
Sunrisepun tiba,,bahagiaaanyaaaa,,aaaaakkkkk,,view dengan edelweiss dan danau segara anak yang sangat menawan,,wonderfull,,Subhanallah,,kuasa Allah yang tiada tanding,,tiada henti kami memanjatkan rasa syukur krna diberikan kesehatan dan kekuatan sejauh ini,,Alhamdulilah...

Love this pict,,hehhehe

Pagi yang cerah untuk semangat kami yang membara..^^
Sesampai di puncak pada pkl 09.05 WITA,,wktu yang sangat lama,,wajar saja dengan jalan selemot siput dan istrhat yang lumayan banyak,,hehhee,,ga apa-apa yang penting sampai. Hal pertama yang dilakukan adalah sujud syukur,,yang mau nangis sangat diperbolehkan..hehe (*Tips 5)  dan jangan lupa fotoan d bendera merah putih bray..:)
Kali baru pertama kali muncak, persediaan makan dan minuman kami terbatas dan habis, beruntung ada kelompok dari daerah Jakarta berbaik hati untuk membagi makanan dan minumannya sehingga energi-pun bisa diisi kembali. Prosesi foto juga sempat mengalami kendala baterai camdid bermasalah karena suhu dingin, beruntung juga ada seorang kawan asal Solo yang mau dititipkan beberapa foto kami. Special thanks to mas @Arie dan @KhyberPass Jakarta..:)

Yeah,,,finally,,turunnya ga sesusah naiknya,,yang penting bisa ngerem ajaa,,hehehe. Tapi ttep harus hati-hati loh yaa. Sekali lagi “enjoy the view” hehe
Sampai pelawangan semua sudah siap-siap packing dan menuju danau Segara Anak, tapi bagi team kami ga ada masalah,,istirahat dulu sejenak untuk mengembalikan tenaga
Pada pukul 16.00 WITA kami siap berangkat menuju Danau Segara Anak. Medannya lumayan mnakjubkan alias luarbiasa curamnya. Bebatuan yang gampang bagi kalian yang masih memiliki stamina dan kekuatan kaki yang tinggi. Tapi bagi kami itu susah banget,,apalgi kami baru kembali dari puncak beberapa jam yang lalu,,huaaaa,,,tapi harus tetap semngat.

Saran bagi tmen-temen”,,penuhi dulu stock air minum,,di Pelawangan ada sumber mata air yang lumayan jauh sih jalannya,,tpi musti tetep di isi,,selain itu cemilan,,madu,,coklat perlu d bawa,,agar kuat sampai danau. Perjalanan kurang lebih 4 jam dengan waktu normal,,tpi bagi yang banyak istirahat bisa memakan wktu hingga 6 jam lebih,,J. Menuju danau,,kami melewati beberapa penurunan bukit bebatuan, tapi setelah itu jalannya bagus kok,,lumayan landai. Dan kami smpai pada pukul 21.00 WITA. Waktu yang lumayan lama,,tapi Alhamdulillah bisa langsung istirahat karena kru yang telah sampai duluan udah ngebangun tenda buat kami. Thanks Guys..:)

Tambahan saran dari kami, bagi teman-teman yang muslim,,solatnya sebaiknya di Jamak/Qashar,,maklum qt kan musafir dan kesusahan air,,jadi wudhu bisa diganti dengan tayamum,,,yang penting jgn smpe kelewatan solatnya,,karena hanya ALLAH yng menolong kalian di sana.^^
*Tips 6^

Turunan yang terjal diselubungi kabut yang begitu tebal

Medannya lumayan kan yaa,,hehehe
Perjuangan itu sampai juga pada keindahan danau Segara Anak,,yeyyeyeyeye,,
Bakar-bakar ikan d mulai,,nyamnyam. Malam ini dingiiiin sekali di danau,,mending diem d dalam tenda aja,,hehehe. Istirahatkan kaki yang kram banget rasanya setelah perjalanan yang lumayan terjal..aaahhhh d lurusin itu enak banget rasanya. Oh yaa,,persiapan lain yang ga kalah penting,,kalian harus membwa obat-obat yang bisa d pke bwt pegel-pegel contohnya counterpain ato yang merk lain juga bisa,,.*Tips 7^

Hari keempat tgl 17 Agustus 2013
17 Agustus tahun 45 itulah hari kemerdekaan kita. Lagu itu sayup” terdengar dari dalam tenda. Selain itu berkibarnya bendera merah putih dan lagu kebangsaan semakin memeriahkan suasana hari kemerdekaan hari ini. Luar biasa,,masih tidak menyangka bahwa hari ini aku dan teman-teman sedang berada di danau segara anak dan melaksanakan 17 agustus bersama. Amazing...
Waktunya mincing-mancing niiih,,hehhehe,,,

Udah dapet ikannya belom om..hihi
Abiz mincing,,sarapan baru deh mandi. Di dekat danau ada pemandian air panas dan air terjun yang dikenal dengan nama Aiq Kalaq,,beuuh,,ga sbar,,3 hari ga mandi lumayan lengket,,uupppss,,hehe,,
Check this pict guys..

Haaaah,,,segaaarnya,,,hehhee
Malam iniii bakalan tidur nyenyak,,yeyeyye,,qt bermalam lagi d danau segara anak. Malam yang indah di danau ini,,tak kan terlupakan, sedih senang bercampur menjadi satu. Besok qt sudah meninggakan Rinjani. Api unggun malam ini d atas langit rinjani, sangat indah, dengan suhu yang sangat dingiiin menambah riuhnya cnda tawa mengelilingi api unggun. Saya merasa Hebat berada di tengah-tengah orang-orang hebat,,^_^

Hari ke 5 Tgl 18 Agustus 2013
Morning Segara Anak,,huaaaa,,hari terakhir d Rinjani,,saatx pulang,,prepare d mulai,,done lanjuuut srapan,,sediiiihnya pagi inii,,tapii mataram tercinta sudah menanti,,mariii pulang,,,sebelum pulang,,fto” dulu yukz,,hehehe

Jayalah Indonesiaku...!!!
Kru kami dengan pemandangan gunung baru yang eksotis
Bismillah,,mari qt berangkat,,perjalanan yang panjang akan qt jalani,,kami berangkat pkl 09.05 WITA cekidooooot J
Kali ini perjalanan lumayan mendaki,,bagaikan rock climbing,,tapi view puncak dan danau segara anak sangat indah,,dari Gunung Sangkareang kami benar-benar merasakan dahsyatnya berada di sini,,:D
Subhanallah,,love this pict,,yihaaaa...
Oke,,Pelawangan Senaru, akhirnya sampai juga pada pkl 13.00 WITA
Hahhaha,,tampang ga jelas,,

Istirahat dulu sambil menikmati bekal yang tersisa.
Perjalanan kemudian dilanjutkan,,Alhamdulillah kali ini perjalananan sudah menurun,,tapi tetap harus hati-hati,,kabutnya lumayan tebal sudah menampakkan dirinya,,penurunan tanah berdebu harus bisa ngerem..^^

Kabuuutnyaaa,,woow..:D
Pos 3 sudah di depan mata,,kami sampai pada pkl 16.00 WITA,,kurang lebih 3 jam dari pelawangan senaru,,kami melewati kawasan hutan hujan,,kabut dan gerimis mulai turun,,hmmm,,tenaga tinggal sedikit lagii,,tapi perjalanan masih jauh,,baiklah, tetap semangaaaaattt..^^

Oke ini dy pos 2,,dan waktu menunjukkan pkl 18.00 WITA. Di pos 2 ini ada mata air,,tapi harus turun ke bawah lagi,,lumayan untuk mengisi botol yang sudah tidak bersisa air sedikitpun. Berjalan 9 jam dengan air hanya 1.5 liter itu sudah sangat pintar d siasati J (memuji diri sendiri,,hihi)

Pos 2
Hari sudah mulai gelap,,,dan masih harus berjalan beberapa jam lagi,,suasana hutan pada malam hari,,astagfirullah,,kami berjalan dan terus berjalan,,sampai akhirnya sampai di pos ekstra pada pkl 20.00 WITA. Ada turis yang ngecamp di sini,,hanya saran,,,di dalam hutan ga boleh sring ribut dan ketawa-ketawa yaa,,mending istigfarnya d perbanyak aja,,hehhe,,bukan menakut-nakuti J *Tips 8^

Lanjuuut menuju Pos 1,,huh hah huh hah,,nafas sudah ngos-ngosan,,tapi qt masih harus terus berjalan sebelum hari semakin gelap dan qt ga mungkin berada d tengah hutan di tengah malam yang dingin,,brbrbrbr….
Berjalan 1 jam akhirnya qt sampai di Pos 1,,dan masih harus berjalan 2 jam Lagi hingga sampai d RTC (Rinjani Trekking Centre). Sebelum sampai di RTC, kita terlebih dahulu keluar dari Jebak Gawah yang merupakan Pintu masuk menuju Taman Nasional Gunung Rinjani daerah Senaru.

Suhanallah Walhamdulillah Walaailahaillah wallahuakbar..
Kami bisa sampai, kaki ini benar-benar lelah,,keindahan yang Engkau berikan sungguh tiada tara,,kami bagaikan orang kerdil yang ga berdaya,,Hanya Engkau ya Rabbi penguasa seluruh alam raya. Sesungguhnya Mendaki Gunung itu bukanlah untuk mencapi puncak tertinggi,,tapi mnaklukkan titik tertinggi kesombongan dari diri kita utk sadar dan meyakini ke ESA-an ALLAH SWT.